Senin, 20 Mei 2013

Kenal lebih dekat dengan Radang paru-paru

Radang Paru-paru atau bahasa kedokterannya pneumonia adalah suatu penyakit peradangan yang terjadi pada paru-paru, di mana pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari udara meradang dan terisi oleh cairan.

Paru-paru
 

Adapun cara mikroorganisme itu sampai ke paru-paru bisa melalui:


Inhalasi (penghirupan) mikroorganisme dari udara yang tercemar

Aliran darah, dari infeksi di organ tubuh yang lain

Migrasi (perpindahan) organisme langsung dari infeksi di dekat paru-paru.



Tersangka dalam penyakit radang paru-paru

Tersangka pertama adalah Virus

Virus menyerang sel untuk mereproduksi. Biasanya, virus mencapai paru-paru ketika tetesan udara yang dihirup melalui mulut dan hidung. Ketika sistem kekebalan tubuh merespon infeksi virus, kerusakan paru-paru bahkan lebih terjadi. Sel darah putih, terutama limfosit, mengaktifkan sitokin kimia tertentu yang memungkinkan cairan bocor ke dalam alveoli. Kombinasi dari kerusakan sel dan alveoli berisi cairan mengganggu transportasi normal oksigen ke dalam aliran darah. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah juga berisiko pneumonia yang disebabkan oleh sitomegalovirus.



Tersangka ke dua adalah bakteri

kebanyakan Bakteri masuk paru-paru ketika tetesan udara yang terhirup, tetapi juga dapat mencapai paru-paru melalui aliran darah bila ada infeksi di bagian lain dari tubuh. Bakteri sering melakukan perjalanan dari paru-paru terinfeksi ke dalam aliran darah, menyebabkan penyakit serius atau bahkan fatal seperti syok septik, dengan tekanan darah rendah dan kerusakan beberapa bagian tubuh termasuk otak, ginjal, dan jantung. Bakteri juga dapat melakukan perjalanan ke daerah antara paru-paru dan dinding dada (rongga pleura) menyebabkan komplikasi yang disebut empiema sebuah.



Tersangka ke tiga adalah Parasit

Berbagai parasit dapat mempengaruhi paru-paru yang  dapat terjadinya radang paru paru. Parasit ini biasanya memasuki tubuh melalui kulit atau dengan ditelan. Setelah masuk, mereka melakukan perjalanan ke paru-paru, biasanya melalui darah. Ada, seperti dalam kasus lain pneumonia, kombinasi kerusakan seluler dan respon imun menyebabkan gangguan transportasi oksigen. Salah satu jenis sel darah putih, eosinofil itu, merespon dengan penuh semangat untuk infeksi parasit.



Jamur bisa di ikut sertakan dalam tersangka radang paru-paru, namun hanya sedikit yang menjadi korban.Radang paru-paru dikarenakan jamur sangat jarang, namun dapat terjadi pada individu dengan masalah sistem kekebalan tubuh karena AIDS, obat-obatan immunosuppresive, atau masalah medis lainnya. Patofisiologi pneumonia yang disebabkan oleh jamur adalah mirip dengan pneumonia bakteri. Pneumonia jamur yang paling sering disebabkan oleh””Histoplasma capsulatum, blastomyces,”Cryptococcus neoformans”,”Pneumocystis jiroveci”, dan”Coccidoide immitis”. Histoplasmosis paling umum di lembah Sungai Mississippi, dan coccidioidomycosis di Amerika Serikat barat daya.



Radang Paru-paru merupakan penyakit yang umum, penyakit ini menyerang dengan tidak membedakan umur, dan merupakan penyebab kematian paling banyak yang terjadi pada orang tua dan orang yang sakit menahun. Beberapa vaksin untuk mencegah beberapa jenis radang paru-paru sudah bisa didapat. Prognosis perseorangan tergantung dari jenis radang paru-paru, perawatan yang cocok, komplikasi lainnya, dan kesehatan orang tersebut.
Radang Paru-paru




Beberapa orang yang mudah terkena Radang Paru-paru adalah:

  • Peminum alkohol

  • Perokok berat

  • Penderita diabetes

  • Penderita gagal jantung

  • Penderita penyakit paru obstruktif menahun

  • Gangguan sistem kekebalan karena obat tertentu (penderita kanker, penerima organ cangkokan)



Gejala radang paru paru atau pneumonia menular disebabkan oleh invasi paru-paru oleh mikroorganisme dan respon sistem kekebalan tubuh untuk infeksi. Meskipun lebih dari seratus jenis mikroorganisme dapat menyebabkan pneumonia, hanya sedikit yang bertanggung jawab untuk kebanyakan kasus. Penyebab paling umum pneumonia adalah virus dan bakteri. Penyebab kurang umum pneumonia menular adalah jamur dan parasit.



Beberapa Gejala awal radang paru-paru

  • Kesulitan bernapas (sesak nafas), 
  • Sakit dada, 
  • Demam yang tidak kunjung sembuh 
  • Batuk. 

Radang Paru-paru

Pemeriksaan lebih dini adalah langkah awal anda untuk terhindar radang paru-paru, Dengan alat diagnosa termasuk Sinar-X dan pemeriksaan dahak. Perawatan tergantung dari penyebab radang paru-paru, Radang Paru-paru yang disebabkan bakteri (bacterial pneumonia) dirawat dengan antibiotika.

Berikut gambaran singkat tentang proses masuknya oksigen kedalam paru-paru serta sistim kekebalan tubuh manusia saat di serang virus maupun bakteri.

1 komentar:

  1. bermanfaat sekali artikelnya, makasih

    http://obatasliindonesia.com/obat-herbal-radang-paru-paru/

    BalasHapus